Langsung ke konten utama

5 Cara Mudah Menghemat Daya Baterai Laptop





Dalam keadaaan genting, kadangkala kita harus siap siaga untuk menggunakan keperluan penting dengan laptop dimana saja dan kapan saja. Namun sangat menjengkelkan jika baterai laptop yang kita pakai habis atau cepat terkuras dayanya.

Cara termudah, mungkin memang mencharge baterai tersebut. Namun jika dalam suatu keadaan kita tak bisa mengisi daya baterai, ya harus pintat-pintar menghemat penggunaan baterai laptop.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai di laptop.

1. Aktifkan modus battery Saver atau Eco Mode



Battery-saver atau Eco Mode akan menyesuaikan dan merubah beberapa aplikasi secara otomatis untuk memperpanjang daya tahan baterai. Fitur ini ini juga bisa untuk mengatur dan menyesuaikan kemampuan komponen ke daya serap listrik rendah untuk membantu laptop anda menyala lebih lama.

Setelah anda mengaktifkan fitur ini. Untuk lebih memperpanjang daya tahan baterai, anda harus mematikan aplikasi atau perangkat tambahan yang sedang tidak dipakai.

2. Menonaktifkan perangkat tambahan yang tidak digunakan



Cukup mengklik off anda sudah bisa menghemat baterai laptop anda. Setiap komponen dalam laptop anda pastinya mempunyai fungsi yang berguna. Namun tak semua komponen tersebut digunakan sepanjang waktu.

Jika memang tak diperlukan dan ingin memperpanjang baterai, mulailah cabut beberapa perangkat seperti USB Mouse atau Flash Disk/ Eksternal Hard Drive. Selain itu matikan pula beberapa perangkat seperti Wi-Fi, Bluetooth, Graphic Processor dan optical drive yang tak dibutuhkan.

Untuk menonaktifkan perangkat yang tak terpakai pada sistem windows anda bisa membuka Control Panel System dan klik Device Manager.

3. Menyesuaikan pengaturan



Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghemat baterai. Salah satunya adalah mematikan backlight dalam keyboard laptop anda (jika ada). Tentunya jika anda bekerja di ruangan terang, anda bisa mematikan backlight di keyboard.

Selain backlight keyboard, pengaturan layar juga berpengaruh pada daya baterai. Anda tidak perlu mengatur kecerahan layar hingga 100 persen. Jika anda ingin menghemat baterai, sesuaikan pengaturan kecerahan layar laptop anda. Untuk standar menghemat daya adalah 50 persen kecerahan.

Selain itu, mematikan speaker atau audio pada laptop jika sedang tidak dibutuhkan juga mampu menghemat baterai laptop anda.

4. Mematikan aplikasi



Selain perangkat keras, perangkat lunak (software) juga menjadi salah satu sumber terkurasnya baterai anda. Sama seperti hardware, mulailah matikan aplikasi yang sedang tidak digunakan.

Buka task manager dengan menekan Ctrl+Shift+Esc dan anda bisa melihat aplikasi mana saja yang sudah tidak anda gunakan dan menghpusnya.

5. Be Simple!



Ini salah satu yang terpenting. Jika memang perlu, mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu memang sangat menguntungkan, apalagi menggunakan laptop. Namun hal ini juga akan menguras baterai jika anda membuka beberapa aplikasi untuk kegiatan multitasking anda.

Jika multitasking mengurasi baterai, mulailah dengan Single-tasking. Jika memang anda sedang mengerjakan tugas dengan aplikasi Microsoft Word, matikan beberapa aplikasi lain yang memang tidak dibutuhkan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Aktor Yang Pernah Memerankan Joker, Penjahat Favorit Sepanjang Masa

Karakter penjahat besutan DC Comics, Joker, menjadi salah satu tokoh antagonis paling dicintai para penggila komik maupun film. Karakter yang pertama kali muncul di komik Batman edisi 25 April 1940 ini merupakan salah satu tokoh yang paling populer dari seluruh karakter yang dibuat DC Comics Karakter dari Joker ini dibuat oleh trio kreatif dari DC Comics yaitu Jerry Robinson, Bill Finger dan Bob Kane sebagai musuh dari pahlawan kota Gotham, Batman. Joker digambarkan sebagai dalang dan mastermind yang gila akan perbuatan kriminal dan kejahatan. Dalam perjalanannya, Joker telah membunuh beberapa karakter komik lainnya seperti Jason Todd si Robin dan Barbara Gordon yang memerankan Batgirl. Semua hal kriminal dan kejahatan yang dilakukannnya dibuat tanpa tujuan apapun melainkan untuk kesenangannya. Beberapa Cerita awal banyak berteberan dari munculnya Joker. Namin yang paling umum adalah sang Joker terjatuh ke dalam tanki yang penuh limbah kimia yang membuat mukanya menjadi p

7 Font Yang Biasa Dipakai Desainer Grafis Profesional

Tepat memilih jenis huruf atau Font adalah hal yang wajib untuk para graphic designer. Font merupakan salah satu penentu baik atau buruknya desain yang kita buat. Jika Anda bingung memilih font yang pas untuk desain anda, mungkin ada baiknya anda mengikuti para profesional dalam desain grafis yang memakai sering memakai daftar font di bawah ini. Berikut adalah 7 font yang sering dipakai para profesional desain grafis: 1. Helvetica Benar, Helvetica adalah font yang paling banyak digunakan para profesional, bahkan para desainar yang tidak profesional sekalipun. Banyak pujian yang dilempar untuk font ini meski banyak yang meyakinkan bahwa Helvetica mempunyai jarak spasi yang terlalu pendek. 2. Trajan Trajan merupakan salah satu font terkenal yang sering dipakai di banyak poster film Hollywood. Selain itu font ini juga banyak ditemukan di visual yang berhubungan dengan Agama, Hukum, Perkawinan, kelas atau masa lalu. Banyak gambar di situs berbagi foto Flickr yang me

5 Hewan Aneh Yang Pernah Hidup Di Bumi

Sudah menonton film Jurassic World? kalau sudah tentunya kalian tahu pemeran utama dari film tersebut selain Chris Pratt si pawang ya tentulah Dinosaurus itu tersendiri. Kadal Raksasa yang hidup 65 juta tahun yang lalu pernah menjadi hewan yang mendominasi belahan bumi. Dinosaurus sendiri hidup selama 135 Juta tahun di Bumi sebelum akhirnya sebuah meteor besar menimpa bumi dan membumihanguskan spesies reptil ini. Namun selain Dinosaurus, juga terdapat beberapa hewan yang pernah hidup di bumi yang mungkin berbentuk aneh dan mengerikan. Berikut adalah 5 hewan berbentuk aneh yang pernah hidup di Bumi 1. Hallucigenia Hallucigenia ditemukan pertama kali pada 1911 dimana saat itu diperkirakan umur fosil tersebut adalah 508 juta tahun. Penemuan Hallucigenia mengubah pandangan para ilmuwan tentang mahluk laut. 508 juta tahun yang lalu yang merupakan masa geoligical jaman Kambrium yaitu momen dimana semua kehidupan di bumi mulai membentuk kehidupan yang kompleks berkembang p