Langsung ke konten utama

Fakta-fakta Internet Explorer, Browser Yang Bakal Dipensiunkan


Setelah 20 tahun menemani para peselancar dunia maya, browser buatan Microsoft, Internet Explorer, resmi pensiun pada 2015 ini. Browser yang banyak menjadi bahan ledekan para pengguna internet akibat kemampuannya yang lamban dalam beroperasi akan digantikan oleh browser baru yang saat ini sedang dalam pengembangan Microsoft.

Sebagai simbol ucapan selamat tinggal kepada salah satu browser tertua di dunia cyber, mari kita tengok beberapa fakta-fakta dibalik Internet Explorer:



Hasil Pengembangan Karya Browser Lain
Thomas Reardon, pencipta Internet Explorer, pada 1994 memakai source code dari browser buatan Spyglass, Mosaic. Untuk itu, Microsoft diharuskan membayar royalti dan perizinan atas penggunaan source code tersebut.


Internet Explorer 2, Browser Untuk Mencuri Konsumen Pesaing
Tak lama setelah diluncurkan Internet Explorer 1 pada 1995, Microsoft mengeluarkan versi terbaru pada November yaitu versi 2.0 karena kejelian mereka melihat pesatnya perkembangan browser saingan yang saat itu sedang diganrdungi, Netscape Navigator.

Untuk itu, Microsoft meniru beberapa fitur dan aspek yang membuat Netscape begitu populer. Selain itu, banyak situs di masa itu yang cocok dijelajahi dengan Netscape yang saat itu menguasai 90 persen pasar. IE 2 juga merupakan versi pertama yang kompatibel dengan Mac OS yang saat itu baru diluncurkan.


Internet Explorer 3, Pesaing Baru Di Dunia Browser
Pesaing serius Netscape pada 1996. Sudah mendukung beberapa fitur baru berkat fitur Jscript. Sudah mendukung ActiveX, plugin dan enkripsi 128-bit untuk beberapa versi. Namun IE 3 hanyalah awalan dari perang Browser jelang milenium baru.


Internet Explorer 4, Genderang Perang Dimulai
Ketika browser ini diluncurkan pada Oktober 1997, tim IE memindahkan patung berlogo IE ke halaman kantor Netscape. Banyak kalangan menganggap IE 4 merupakan awal dari perang produk browsen beberapa perusahaan. Pada momen ini Microsoft mulai mengintegrasikan IE 4 dengan OS Windows. Microsoft perlahan melesat meninggalkan Netscape.


Internet Explorer 5, Mulai Kuasai Pasar Browser
Dirilis pada Maret 1999. Penjualan IE 5 dipaketkan dengan OS baru keluaran Microsoft saat itu yaitu Windows 98 edisi kedua. Dengan paket bundling tersebut menaikkan penjualan IE menjadi 80 persen.


Internet Explorer 6, Browser Terburuk, Awal Kejatuhan
IE 6 dibundling dengan Windows XP dan Server 2003. Menyentuh 90 persen pangsa pasar pada 2002, namun IE mendapat perhatian karena kegagalan keamanannya.

Pada 2004, lembaga infrastuktur internet Amerika, US-CERT, mengeluarkan himbauan agar menghindari penggunaan IE 6 akibat gangguan keamanan tersebut.
Majalah PC World pada 2006 menempatkan IE sebagai produk teknologi terburuk kedelapan sepanjang masa dengan kutipan "Software paling tidak aman, setidaknya di planet ini,"


Internet Explorer 7, Terpuruk, Lalu Mulai Bangkit
Setelah hiatus selama lima tahun akibat kegagalan IE 6. IE 7 akhirnya dirilis pada 2006 dengan beberapa fitur keamanan. Saat itu, Mozilla Firefoz sudah menguasai pasar. Bahkan IE 7 harus bersaing dalam pangsa pasar dengan saudaranya IE 6.


Internet Explorer 8, Upaya Sulit Mengejar Pesaing
Meski terdapat beberapa perbaikan, IE 8 yang diluncurkan 2009 terkesan terlambat masuk ke pasar. Sudah ada Google Chrome dan Mozilla Firefoz yang melesat jauh. Beberapa fitur seperti akselerator dan suggestion tak mampu membuat IE berada di jalur persaingan browser.


Internet Explorer 9, Besar Ditengah Ledekan
Sudah mendukung beberapa fitur interface dan fokus pada pengembangan HTML 5, CSS3 dan XHTML. IE 9 dirilis tanpa bundle dengan sistem operasi. Promo besar-besaran dengan ledekan dari pengguna internet. Sudah setara dengan Firefox dan Chrome, namun tak sesuai dengan ekspektasi Microsoft.


Internet Explorer 10, Browser Windows 8
OS Baru Microsoft yang cukup memuaskan. IE 10 secara eksklusif hanya kompatibel dengan Windows 8 dengan beberapa aplikasi yang dirancang untuk mobile Interface yang lebih hemat baterai.


Internet Explorer 11, Langkah Terakhir Dari Perjalanan Panjang
Dirilis di Windows 8.1, IE 11 bekerja cukup baik dan mendapat sambutan positif dari para reviewer. Meskipun beberapa fitur masih sering mengalami lag, namun sudah bisa Disejajarkan dengan Chrome dan Firefox.

Patut ditunggu browser terbaru keluaran Microsoft penerus Internet Explorer. Semoga bisa menepis keraguan dan hujatan yang dialami pendahulunya akibat kelambatan dalam beroperasi.


Anyway, good bye Internet Explorer!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Aktor Yang Pernah Memerankan Joker, Penjahat Favorit Sepanjang Masa

Karakter penjahat besutan DC Comics, Joker, menjadi salah satu tokoh antagonis paling dicintai para penggila komik maupun film. Karakter yang pertama kali muncul di komik Batman edisi 25 April 1940 ini merupakan salah satu tokoh yang paling populer dari seluruh karakter yang dibuat DC Comics Karakter dari Joker ini dibuat oleh trio kreatif dari DC Comics yaitu Jerry Robinson, Bill Finger dan Bob Kane sebagai musuh dari pahlawan kota Gotham, Batman. Joker digambarkan sebagai dalang dan mastermind yang gila akan perbuatan kriminal dan kejahatan. Dalam perjalanannya, Joker telah membunuh beberapa karakter komik lainnya seperti Jason Todd si Robin dan Barbara Gordon yang memerankan Batgirl. Semua hal kriminal dan kejahatan yang dilakukannnya dibuat tanpa tujuan apapun melainkan untuk kesenangannya. Beberapa Cerita awal banyak berteberan dari munculnya Joker. Namin yang paling umum adalah sang Joker terjatuh ke dalam tanki yang penuh limbah kimia yang membuat mukanya menjadi p

7 Font Yang Biasa Dipakai Desainer Grafis Profesional

Tepat memilih jenis huruf atau Font adalah hal yang wajib untuk para graphic designer. Font merupakan salah satu penentu baik atau buruknya desain yang kita buat. Jika Anda bingung memilih font yang pas untuk desain anda, mungkin ada baiknya anda mengikuti para profesional dalam desain grafis yang memakai sering memakai daftar font di bawah ini. Berikut adalah 7 font yang sering dipakai para profesional desain grafis: 1. Helvetica Benar, Helvetica adalah font yang paling banyak digunakan para profesional, bahkan para desainar yang tidak profesional sekalipun. Banyak pujian yang dilempar untuk font ini meski banyak yang meyakinkan bahwa Helvetica mempunyai jarak spasi yang terlalu pendek. 2. Trajan Trajan merupakan salah satu font terkenal yang sering dipakai di banyak poster film Hollywood. Selain itu font ini juga banyak ditemukan di visual yang berhubungan dengan Agama, Hukum, Perkawinan, kelas atau masa lalu. Banyak gambar di situs berbagi foto Flickr yang me

7 Fakta Mengejutkan Di Balik Acara TV Pimp My Ride

Siapa sih yang enggak kenal acara Pimp My Ride? kalian yang dulu pernah jadi "Anak Nongkrong" channel MTV pasti gak pernah ketinggalan dengan acara yang satu ini. Gimana tidak, acara ini layaknya cerita Cinderella yang bertemu Ibu Peri. Ya, Ibu Peri nya siapa lagi kalo bukan si rapper, X-Zibit yang menjadi pembawa acara. Jika X-Zibit datang ke rumah mu, siap-siap kamu akan berteriak-teriak kegirangan karena tak lain dan tak bukan si rapper akan memofifikasi mobil kamu yang seperti sampah jadi layaknya tunggangan mewah. Acara Pimp My Ride ini menarik minat para pemirsa, khususnya anak muda, karena kemampuan para kru di bengkel West Coast Custom dalam mendandani mobil menjadi berkelas dan berteknologi canggih dalam waktu singkat. Namun ada banyak fakta-fakta menarik yang tidak kamu tahu dari acara yang berlangsung selama 72 Episode ini: 1. Beberapa bagian dicopot setelah proses pengambilan gambar selesai Salah satu peserta yang pernah ikut Pimp My Ride, Ju