Langsung ke konten utama

Budaya Dan Tradisi Idul Fitri 6 Wilayah Di Dunia



Idul Fitri menjadi salah satu hari yang paling ditunggu umat muslim di seluruh dunia setelah menjalankan puasa sebulan penuh.

Bukan hanya di Indonesia, Idul Fitri juga dirayakan dengan meriah di seluruh dunia. Beberapa diantaranya mempunyai tradisi yang hampir sama dengan yang dilakukan masyarakat muslim di Indonesia.

Mari kita tengok beberapa budaya dan kebiasaan muslim di beberapa negara yang merayakan lebaran:

1. Amerika Serikat

Negara dengan penduduk muslim minoritas ini mempunyai beberapa tradisi yang sepertinya juga lazim dilakukan di negara lain. Menjalankan sholat Ied, berkumpul bersama muslim lainnya untuk bersilahturahmi bermaaf-maafan.

Di beberapa komunitas muslim atau ekspatriat mereka akan berkumpul di Islamic Center atau tempat komunitas mereka biasa berkumpul untuk bersilahturahmi dan temu kangen. Makanan-makanan khas lebaran juga dihidangkan.



2. Asia Selatan




Di negara-negara Hindustan seperti Kashmir, Bangladesh, India dan Srilanka, suasana Idul Fitri sudah terasa beberapa hari sebelumnya. Perayaan yang berlangsung satu minggu ini berlangsung cukup meriah.

Persiapan dilakukan dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Tradisi mudik juga dilakukan masyarakat untuk bisa berlebaran dengan sanak keluarga. Para wanita menghias tangan mereka dengan henna.




3. Arab Saudi

Negara dari kiblatnya umat muslim dunia ini juga merayakan Idul Fitri dengan ciri khas budaya mereka. Pertunjukan musik, parade dan pesta kembang api menghiasi perayaan Idul Fitri di sini.



4. Tiongkok



Di Tiongkok, selain sholat berjamaah di mesjid, muslim di tiongkok juga berziarah ke makam keluarga dan leluhur mereka. Pemerintah tiongkok juga meliburkan para pekerja muslim selama seminggu. Selain itu, pemerintah juga mendiskon harga daging sapi untuk dikonsumsi keluarga muslim di tiongkok selama Idul Fitri.

5. Suriname


Di negara yang kebanyakan penduduknya merupakan keturunan Jawa ini penghitungan tanggal Idul Fitri dilakukan dengan metode yang dilakukan oleh nenek moyang mereka dengan penghitungan ala primbon Jawa.



6. Kepulauan Fiji



Kepulauan Fiji adalah negara yang berada di samudra pasifik. Yang menarik, hanya pria yang pergi ke masjid untuk shalat Ied. Sedangkan para wanita mempersiapkan diri menyajikan hidangan khas. Salah satu hidangan khas di Fiji adalah Samai, Mie manis yang dicampur dengan susu dan disajikan dengan kari ayam atau daging

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Aktor Yang Pernah Memerankan Joker, Penjahat Favorit Sepanjang Masa

Karakter penjahat besutan DC Comics, Joker, menjadi salah satu tokoh antagonis paling dicintai para penggila komik maupun film. Karakter yang pertama kali muncul di komik Batman edisi 25 April 1940 ini merupakan salah satu tokoh yang paling populer dari seluruh karakter yang dibuat DC Comics Karakter dari Joker ini dibuat oleh trio kreatif dari DC Comics yaitu Jerry Robinson, Bill Finger dan Bob Kane sebagai musuh dari pahlawan kota Gotham, Batman. Joker digambarkan sebagai dalang dan mastermind yang gila akan perbuatan kriminal dan kejahatan. Dalam perjalanannya, Joker telah membunuh beberapa karakter komik lainnya seperti Jason Todd si Robin dan Barbara Gordon yang memerankan Batgirl. Semua hal kriminal dan kejahatan yang dilakukannnya dibuat tanpa tujuan apapun melainkan untuk kesenangannya. Beberapa Cerita awal banyak berteberan dari munculnya Joker. Namin yang paling umum adalah sang Joker terjatuh ke dalam tanki yang penuh limbah kimia yang membuat mukanya menjadi p

7 Font Yang Biasa Dipakai Desainer Grafis Profesional

Tepat memilih jenis huruf atau Font adalah hal yang wajib untuk para graphic designer. Font merupakan salah satu penentu baik atau buruknya desain yang kita buat. Jika Anda bingung memilih font yang pas untuk desain anda, mungkin ada baiknya anda mengikuti para profesional dalam desain grafis yang memakai sering memakai daftar font di bawah ini. Berikut adalah 7 font yang sering dipakai para profesional desain grafis: 1. Helvetica Benar, Helvetica adalah font yang paling banyak digunakan para profesional, bahkan para desainar yang tidak profesional sekalipun. Banyak pujian yang dilempar untuk font ini meski banyak yang meyakinkan bahwa Helvetica mempunyai jarak spasi yang terlalu pendek. 2. Trajan Trajan merupakan salah satu font terkenal yang sering dipakai di banyak poster film Hollywood. Selain itu font ini juga banyak ditemukan di visual yang berhubungan dengan Agama, Hukum, Perkawinan, kelas atau masa lalu. Banyak gambar di situs berbagi foto Flickr yang me

7 Fakta Mengejutkan Di Balik Acara TV Pimp My Ride

Siapa sih yang enggak kenal acara Pimp My Ride? kalian yang dulu pernah jadi "Anak Nongkrong" channel MTV pasti gak pernah ketinggalan dengan acara yang satu ini. Gimana tidak, acara ini layaknya cerita Cinderella yang bertemu Ibu Peri. Ya, Ibu Peri nya siapa lagi kalo bukan si rapper, X-Zibit yang menjadi pembawa acara. Jika X-Zibit datang ke rumah mu, siap-siap kamu akan berteriak-teriak kegirangan karena tak lain dan tak bukan si rapper akan memofifikasi mobil kamu yang seperti sampah jadi layaknya tunggangan mewah. Acara Pimp My Ride ini menarik minat para pemirsa, khususnya anak muda, karena kemampuan para kru di bengkel West Coast Custom dalam mendandani mobil menjadi berkelas dan berteknologi canggih dalam waktu singkat. Namun ada banyak fakta-fakta menarik yang tidak kamu tahu dari acara yang berlangsung selama 72 Episode ini: 1. Beberapa bagian dicopot setelah proses pengambilan gambar selesai Salah satu peserta yang pernah ikut Pimp My Ride, Ju